Contoh Proposal Pengajuan Sekripsi

PROPOSAL JUDUL SKRIPSI
APLIKASI  MANAGEMENT KOPERASI  PADA KANTOR PT. SIER-PIER(PERSERO) – PASURUAN

Untuk Memenuhi Persyaratan Mencapai Gelar Sarjana Komputer Pada Strata S-1 Program Studi Teknik Informatika





Oleh :

M.MUNIR
NIM : 071108888


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI STIKMA Internasional
MALANG
2012






HALAMAN PENGESAHAN
PROPOSAL PENGAJUAN JUDUL TUGAS AKHIR ( SKRIPSI )

1. Judul Tugas                : APLIKASI  MANAGEMENT KOPERASI  PADA KANTOR PT. SIER-PIER(PERSERO) -              PASURUAN
2. Bidang Teknologi       :  Sistem Database
3. Identitas Penyusun     :
    Nama        : M.Munir
    Nim           : 07110869
4. Usulan Dosen Pembimbing
    a.    Dosen 1    : Taufik Rachman, S. Kom
    b.    Dosen 2    : Ahmad Jufri, S. Kom
    c.    Dosen 3    : Fredy Windana, S. Kom
    d.    Dosen 4    : Fachrudi Setiawan, S. Kom
5. Obyek Penelitian /
    Tempat Penelitian/ SKRIPSI  :  KOPERASI PT. SIER-PIER(PERSERO)– PASURUAN







Mengetahui,
Kepala Jurusan Teknik Informatika




Taufik Rachman, S.Kom
   



                                                           

1. Judul

APLIKASI  MANAGEMENT  KOPERASI  PADA KANTOR PT. SIER-PIER(PERSERO) - PASURUAN
2. Latar Belakang

      Skripsi merupakan tugas akhir yang harus dilaksanakan bagi mahasiswa STT “STIKMA Internasional” Malang.untuk mencapai gelar S-1. Idealnya pendidikan harus singkron dengan kemajuan teknologi tersebut tidak akan mengeluh dengan kualitas lulusan yang dihasilkan melalui jalur pendidikan teknologi Informatika.
mahasiswa harus mampu dan mempunyai nilai kompetensi terhadap berbagai permasalahan dan sekaligus dapat memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Teknologi Informasi tersebut tidak lepas dari tiga unsur yang menjadai rangkaian yang sinergis, yaitu hardware (perangkat keras),  software (perangkat lunak), brainware (manusia). guna memberikan strategi bagaimana teknologi informasi dalam berbagai rangkaian sistem yang dapat difungsikan untuk membantu kinerja manusia secara efisien.
     Penggunaan teknologi informasi dalam berbagai kegiatan dan perkantoran, terkait dengan aspek kebutuhan yang secara tidak langsung merupakan tantangan bagi pihak terkait untuk mengharuskan beberapa karyawan setempat untuk bisa menggunakan komputer. Dengan hal tersebut maka beberapa pekerjaan yang seharusnya dilakukan secara manual, maka dengan bantuan komputerisasi maka pengolahan data yang manual dapat dilakuan secara digital.
      Pengolahan data Maintenance  yang dilakukan oleh PT.SIER-PIER(PERSERO) - Pasuruan, memerlukan adanya backup file yang tidak perlu ditulis ulang atau dihitung ulang dengan menggunakan media kertas, yang mengurangi tingkat efisienitas pekerjaan. Dengan menggunakan aplikasi program yang akan kami rancang, pengolahan data yang dimulai dari proses entry (pemasukan data), update (perubahan data), delete (penghapusan data),pencarian data dan print out (proses cetak arsip), dapat dilakukan secara mudah dengan fasilitas yang menunjang. Database sebagai media lunak yang disediakan oleh operasi aplikasi administrasi dapat digunakan sebagai media penyimpanan yang bersifat semu sehingga sewaktu-waktu dapat dilakukan proses administrasi secara langsung. Guna keamanan dalam integrasi pengolahan data, dapat dilakukan inisialisasi pengguna yaitu dengan sistem login password. Dengan pembedaan login user maka beda pula hak untuk mengakses data tersebut.
      Pencetakan sebagai tanda bukti laporan yang diterima setiap bulan. Pencetakan arsip sebagai media untuk pelaporan yang dilakukan untuk beberapa periode tertentu dapat di cetak setelah seluruh penggajian sudah dilakukan dan sudah menempuh proses verifikasi ulang yang dilakukan oleh user (operator) dan beberapa pihak terkait yang bertanggung jawab.

3. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, maka proposal isi disusun dengan rumusan masalah :
1. Latar belakang perancangan sistem MANAGEMET KOPERASI PT.SIER-PIER(PERSERO) – Pasuruan.
2. Tujuan dibangunnya sistem Aplikasi managemet pada KOPERASI PT. SIER-PIER(PERSERO) – Pasuruan.
3. Bentuk sistem Database dalam sistem MANAGEMENT KOPERASI PT. SIER-PIER(PERSERO) - Pasuruan.
5. Kelemahan yang masih terdapat dalam sistem Pendataan Laporan KOPERASI PT. SIER-PIER(PERSERO) – Pasuruan secara manual

4. Ruang Lingkup Pembahasan
     Proposal ini berisi tentang pengenalan dari alur sistem informasi yang akan diteliti dalam sistem management KOPERASI PT. SIER-PIER(PERSERO) - Pasuruan  ini. Sistem informasi ini nantinya akan menjelaskan bagaimana mekanisme sistem tersebut  berjalan. Sistem ini nanti membahas tentang kinerja dari sistem Aplikasi Database MANAGEMENT KOPERASI PT. SIER-PIER(PERSERO) - Pasuruan  yang dipakai untuk laporan setiap bulan dan Laporan Treewulan.

5. TUJUAN  DAN MANFAAT
5.1    Tujuan Tugas Akhir Skripsi
5.1.1 Tujuan Institusional
     Untuk memenuhi Tugas Akhir Skripsi yang harus di laksanakan oleh semua Mahasiswa STIKMA Internasional Malang untuk mencapai gelar
S-1.
5.1.2    Tujuan Pokok
Untuk mempermudah proses management administrasi laporan dan pendatan pada KOPERASI KANTOR PT. SIER-PIER(PERSERO) – Pasuruan. 

5.2    Manfaat Tugas Akhir 
5.2.1 Bagi Penulis
5.2.1.1   Mendapatkan konsep pemikiran yang terpadu yang mampu menerapkan teori dan praktek dalam menganalisa suatu sistem informasi.
5.2.1.2  Menerapkan ilmu yang telah dipelajari dan pengetahuan yang telah diterima selama kuliah.
5.2.2 Bagi Instansi terkait
5.2.2.1 Memperoleh usulan sistem informasi yang diperlukan untuk meningkatkan mutu pelayanan    administrasi.
5.2.2.2    Sebagai penerapan langsung teknologi informasi guna menghadapi era globalisasi
5.2.2.3    Efisiensi kinerja dengan memanfaatkan teknologi berbasis komputer yang mampu mambantu kinerja manusia didalamnya
5.2.2.4  User friendly proses yang mudah dengan mengindahkan estetika penggunaan / pengopersian program.

6. TINJAUAN PUSTAKA
          Dasar teori yang ingin dikembangkan dalam Praktek Kerja Lapangan ini adalah bagaimana penerapan pembangunan sistem informasi administrasi. Pelaksanaan mulai dari tahap planning sampai tahap implementasi terhadap program yang akan difungsikan dengan berbagai tahapan yang harus dilalui dan juga berbagai aturan yang dilaksanankan, semisal periodikal pembayaran.

7.  METODOLOGI
        Dengan mengadakan pengamatan langsung pada instansi terkait maka di peroleh data primer dan atau sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh melalui wawancara dengan semua pihak/bagian yang berhubungan dengan penanganan dan pengelola. Sedangkan data sekunder merupakan data yang diperoleh dari pihak koperasi berupa informasi, dokumen, catatan dan lain-lain. untuk teknik pengumpulan data menggunakan:


7.1    Studi Lapangan
7.1.1 Interview
Dalam pencarian data di instansi, melakukan tanya jawab langsung dengan pihak managemet  koperasi    pada kantor pemasaran PT.SIER-PIER(PERSERO) yang berkaitan dengan objek penelitian.
7.1.2    Observasi
Tehnik observasi yang dilakukan adalah non partisipasi yaitu mengamati dan mencatat fenomena-fenomena yang berhubungan langsung dengan tujuan pelaksanaan Tugas akhir/Skripsi.
7.1.3    Dokumentasi
Mendapatkan dokumen-dokumen berupa data seluruh administrasi yang ada di koperasi PT. SIER-PIER(PERSERO) – Pasuruan, yang digunakan untuk diolah sebagai objek perancangan sistem laporan.

8.    Mata Kuliah Penunjang
Dalam penulisan proposal ini selain mendapatkan data - data dari buku penunjang juga mendapatkan informasi dari internet yang dapat digunakan sebagai acuan  dalam penulisan ini.



Demikian contoh Proposal di atas semoga bermanfaat untuk anda....








Komentar

Postingan populer dari blog ini

PONDOK PESANTREN MIFTAHUL FALAH AL-HASANI SELOTAMBAK KRATON PASURUAN

FOTO SANTRI